Pages

Sunday, August 12, 2012

Objek Wisata Menarik yang ada di Kota Medan (˘⌣˘)

1. Danau Toba


Danau Toba - Parapat
Siapa yang tak kenal objek wisata yang satu ini? Danau Toba merupakan mutiara dari Pulau Sumatera. Parapat dan Samosir adalah dua loksi utama wisata di kawasan Danau Toba. Untuk mencapainya, anda dapat menggunakan kendaraan dari Medan menuju Parapat, dengan melalui kota Tebing Tinggi dan Pematang Siantar.
Danau Toba memiliki wisata alam yang luar biasa, wisata spiritual, wisata sejarah, ataupun wisata arsitektur dan kuliner. Suasana yang sejuk dan menyegarkan, hamparan air yang jernih, serta pemandangan yang mempesona dengan pegunungan hijau adalah sebagian kecil saja dari deskripsi keindahan Danau Toba yang mengagumkan.
Danau Toba adalah danau berkawah yang sangat besar dimana pusat pulaunya hampir seluas negara Singapura, dengan luas 1.145 kilometer persegi. Lokasi danau ini masuk ke tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Simalungun, Parapat, dan Ambarita yang semuanya adalah bagian dari Pulau Sumatera Utara. Danau Toba sebenarnya lebih menyerupai lautan daripada danau. Danau ini merupakan danau terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika.
Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir yang berada di ketinggian hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Di tengah Pulau Samosir ini juga ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Daerah sekitar Danau Toba memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri. Di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona. Di pinggiran Danau Toba juga terdapat satu objek wisata bernama Tanjung Unta karena daratan yang menjorok ke danau ini memang menyerupai punggung unta. Di sekitar Danau Toba akan anda temukan pula tempat pemandian air belerang yang dipercaya bermanfaat untuk menyehatkan kulit.
Danau Toba adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan  gunung yang permai sambil bersepeda. Rasa penat yang anda rasakan akan hilang saat menjelajahi keindahan tempat ini. Danau Toba berada 900 meter di atas permukaan laut, sehingga udara sejuknya sangat terasa menyegarkan, jauh dari udara panas dan polusi kota.
Anda dapat memberanikan diri ke Pulau Samosir di tengah danau dan menemukan pegunungan yang curam dengan kabut yang sejuk, disekitarnya ada air terjun yang jernih, dan masyarakat setempat yang sangat ramah. Inilah tempat yang patut anda kunjungi dan nikmati keramahan masyarakatnya. Sulit untuk membayangkan ada di tempat yang lebih indah untuk dikunjungi selain Danau Toba.

2. Simalem Resort

Taman Simalem Resort - Merek
Terletak di Jalan Raya Merek-Sidikalang, Km 9. Taman Simalem Resort merupakan salah satu ekowisata yang terletak di perbukitan barat laut Danau Toba, salah satu danau vulkanik yang terdalam di dunia. Perjalanan ke Taman Simalem Resort dapat ditempuh dalam 2,5 - 3 jam melalui perjalanan darat dari kota Medan atau dapat juga dicapai lebih kurang 45 menit perjalanan dari kota wisata Berastagi.
Kawasan ekowisata Taman Simalem Resort berada dalam kawasan seluas 206 hektar  dan berada pada ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata di Sumatera Utara yang menggabungkan konsep pertanian (agrowisata)  dengan luas lebih dari 25 hektar dan kegiatan ekowisata di dalam satu kawasan terpadu. Simalem dalam bahasa batak karo berarti sejuk dan nyaman, sangat sesuai dengan alamnya. Panorama di Taman Simalem Resort sangat indah, hawanya sangat sejuk sekali dan memiliki view yang bagus ke Danau Toba.
Setelah menempuh perjalanan sekitar 35 km dari Kabanjahe, tibalah di gerbang security check Taman Simalem Resort. Tarif masuk yang dihitung berdasarkan ukuran mobil ataupun bis. Dan untuk satu mobilnya dikenai biaya Rp. 250.000,-  sudah termasuk beberapa voucher untuk membeli makanan, minuman, trip ke twins waterfall's dan bermain di wahana outbound.
Pearl of Lake Toba merupakan lokasi favorit bagi wisatawan untuk berfoto dengan panorama Danau Toba sebagai backgroundnya. Di lokasi ini juga sering menjadi lokasi photo shoot bagi pasangan yang akan menikah untuk melakukan pre wedding photo.

3. Air Terjun Dua Warna


Air Terjun Dua Warna - Sibolangit
Untuk sampai ke wisata ini kita hanya memerlukan waktu 1 jam untuk di perjalanan, yakni di Bumi Perkemahan Sibolangit, Desa Bandar Baru, Kecamatan Sibolangit, Kab Deli Serdang.
Dari lokasi ini kita akan memulai perjalanan masuk hutan atau hiking selama 3 jam untuk sampai di lokasi air terjun. Tempat wisata ini memang terkesan unik. Sebab, air terjun yang turun dari sungai atas dan kemudian tertampung ke sebuah danau kecil di bawahnya memiliki dua warna yaitu biru muda dan putih keabu-abuan.


Setelah ditelusuri ternyata air terjun ini bersumber dari letusan Gunung Sibayak yang membentuk aliran sungai dengan dialiri belerang (sulfur) yang kemudian bersatu dengan resapan air hutan sehingga menjadi berair dingin yang berwarna biru. Uniknya lagi, air terjun tersebut tidak mengeluarkan bau belerang namun disarankan untuk jangan pernah meminum air tersebut. 

Selain itu, keberadaan air terjun ini juga tersembunyi di dalam hutan hujan tropis di tengah hutan Sibayak I dan Sibayak II dengan ketinggian 1475 meter dari permukaan laut.

4. Danau Linting


Danau Linting - Deli Serdang
Objek wisata Danau Linting berada di Desa Tiga Juhar, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Objek wisata yang belum mendapat perhatian pemerintah ini, hanya membutuhkan waktu satu jam untuk tiba di lokasi dari Kota Lubuk Pakam dengan menggunakan sepeda motor. Dari Medan, danau berair biru ini bisa dicapai dalam waktu sekitar satu jam empat puluh lima menit. Sepanjang perjalanan, anda akan disuguhkan hamparan hijau pepohonan di sisi jalan. Dan setibanya di lokasi, suasana segar dan nyaman akan anda rasakan.
Danau ini tak banyak dikunjungi orang. Padahal objek wisata ini menawarkan pemandangan yang cukup indah. Memandang air yang membiru di danau seluas sekitar 1 ha itu menimbulkan efek tenang. Sangat eksotis. Banyak orang yang datang hanya sekedar duduk-duduk memandang danau. Namun, tidak sedikit juga pengunjung yang menghabiskan waktu untuk mandi mandi di sini. Hanya saja, anda diingatkan untuk selalu berhati-hati. Konon, danau ini sangat dalam, dan hampir tidak diketahui bagian mana yang dangkal. Hingga kini, belum diketahui berapa kedalaman sebenarnya dari danau ini.
Sejarah Danau Linting berawal dari sebuah retakan dari peristiwa vulkanik. Di sini, bisa dilihat kandungan belerang yang cukup tinggi. Aroma belerang cukup menyengat. "Dulunya lokasi ini adalah bukit tinggi. Suatu hari terasa getaran cukup kuat, dan beberapa bulan kemudian bukit itu berubah menjadi danau yang indah," kata seorang warga.


5. Ciba Iland dan Danau Siombak


Danau Siombak dan Ciba Iland - Medan Marelan
Danau Siombak dan Ciba Iland terletak di Jalan Titi Pahlawan, Kelurahan Payah Pasir, Kecamatan Medan Marelan. Ini merupakan objek wisata air yang menawarkan keindahan alam dengan keadaan danau buatan yang indah dan menenangkan. Tempat rekreasi Danau Siombak pun tidak membutuhkan biaya banyak dan cocok untuk kantong warga kecil. Tiket masuknya saja sangat murah. Hanya dengan biaya sekitar Rp1.000 rupiah, pengunjung sudah bisa masuk ke lokasi wisata ini dan biaya parkir pun sudah termasuk didalamnya. Dan bagi para pengunjung yang ingin makan makanan laut (seafood), di lokasi ini tersedia rumah makan yang menyajikan makanan khas laut yang lezat dan menggugah selera. Adanya fasilitas pondok untuk berteduh di bibir danau, membuat pengunjung betah. Ditambah lagi ada kapal wisata berkeliling danau dengan tarif Rp5.000 per orang membuat wisata disini semakin menyenangkan.
Lokasi ini memang ramai dikunjungi pengunjung yang membawa keluarganya. Namun sayangnya, Danau Siombak yang ditawarkan Pemkot Medan belum layak menjadi objek wisata karena sarana dan prasarana pendukung kurang memadai.

Gimanaa.. Menarik bukan? Inilah objek wisata menarik yang ada di Kota Medan. Tidak perlu keluar negeri untuk mendapatkan pengalaman indah yang menyenangkan. Negara tercinta kita Indonesia sudah memiliki keindahan alamnya yang indah. Disini atau dimanapun anda pergi, anda akan menemukan pengalaman baru yang tak ternilai harganya..
(‾̴̴͡͡ ▿ ‾̴̴͡͡ʃƪ)

Referensi :
Harian Sumut Pos - Indonesia Tourism News
Griya Wisata - Medan Talk - Harian Kompas

2 comments:

Ayu Jamilah said...

cantiks :))

nopan said...

transport ke air terjun 2 warna itu gimana?