Pages

Thursday, June 21, 2012

Dasar-Dasar Logika Pemrograman

Introduction to Programming
Computer Programming adalah suatu proses menulis (write), menguji (test), dan merawat (maintain) suatu kode sumber (source code) dari suatu program komputer.
Software Engineering adalah penerapan secara sistematis (systematic), tertib (disciplined) dan bisa dihitung (quantifiable) pada pendekatan untuk pengembangan (development), pengoperasian (operation), dan perawatan (maintenance) dari suatu software. Dalam proses Software Engineering, ada tahap-tahap sistematis yang secara umum digunakan ketika software dikembangkan, yaitu ;
-          Requirement Spesification,
Membahas mengenai seperti apa sistem yang dibutuhkan, modul apa saja yang harus ada, bagaimana proses bisnis perusahaan tersebut, adakah persyaratan-persyaratan lain yang harus ada dalam sistem tersebut. Tahap ini biasa dilakukan oleh konsultan atau sistem analyst.
-          Design,
Tahap merancang sistem pada software yang akan dibuat. Tahap ini biasa dilakukan oleh konsultan atau sistem designer.
-          Coding,
Tahap setelah design disepakati oleh kedua belah pihak. Programmer akan melakukan penulisan source code berdasarkan desain sistem yang telah disepakati.
-          Testing,
Untuk menguji sistem yang telah dibuat.
-          Implementation,
Tahap ini dilakukan ketika sistem sudah jadi dan siap diterapkan.
-          Maintenance,
Tahap melakukan perawatan pada sistem baru.

Introduction to Algorithm
Algoritma (Algorithm) merupakan suatu daftar yang terbatas (mempunyai awal dan akhir) untuk menyelesaikan suatu tugas yang diberikan suatu kondisi awal, akan berakhir dengan kondisi akhir yang sudah ditentukan. Konsep ini sering disebut dengan IPO (Input-Process-Output) serta merupakan konsep dasar dari programming keseluruhan.

Algoritma mempunyai beberapa kata kunci :
  1. Do something. (Lakukan sesuatu)
  2. If this condition was met, do something. (Jika suatu kondisi ditemukan, lakukan sesuatu)
  3. If this condition was met, do something. If not, do something else. (Jika suatu kondisi ditemukan, lakukan sesuatu, jika tidak, lakukan sesuatu yang lain)
  4. Do something until this condition was met. (Lakukan sesuatu sampai suatu kondisi ditemukan)
  5. If something happened, do something. (Jika terjadi sesuatu, lakukan sesuatu) à Konsep event-driven

Copyright © 2007
BiNus Center 

No comments: