Pages

Sunday, June 3, 2012

Definisi Manajemen


1.  Istilah manajemen dalam istilah Inggris di Indonesia, lebih dikenal dalam artinya yang berasal dari Amerika Serikat. Manajemen adalah berfikir secara mengendalikan, mengarahkan, dan memanfaatkan segala (faktor-faktor, sumber-sumber daya) yang menurut perencanaan (planning) diperlukan untuk menyelesaikan atau mencapai suatu penciptaan (objective) atau tujuan (goal) yang tertentu.
(Widyanti, Ninik. Manajemen Koperasi. Jakarta : Bineka Cipta, 1996, hal.6)

2. Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
(Manullang, M. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta : Ghalita Indonesia, 1996, hal.10)

3.  Tiwana (2000) menyampaikan bahwa manajemen pengetahuan adalah pengelolaan pengetahuan organisasi untuk menciptakan nilai dan menghasilkan keunggulan bersaing atau kinerja prima.
(Munir, Ningky. Knowledge Manajement Audit. Jakarta : PPM, 2008, hal.5)

4.   Manajemen merupakan pengorganisasian dan pengawasan terhadap usaha manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
(Komaruddin. Manajemen Berdasarkan Sasaran. Jakarta : Bumi Aksara, 1994, hal.1)

5.   Menurut G.R. Terry, Manajemen adalah suatu proses yang kahas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.
(Malayu, Hasibuan. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara, 2009, hal.2-3)

6.       Menurut Robert Kreitner, ahli dari Arizoma State University
Management is the process of working with and through others to achieve organizational objective in a changing environment. Central to this process is the effective and efficient use of limited resources.
(Arsyad, Azhar. Pokok-pokok Manajemen, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2003, hal.2)

7.   Menurut Terry, Manajemen adalah proses tertentu yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia dan sumber daya lain untuk mencapai tujuan yang telh ditetapkan.
(Halim, Moh. Manajemen. Bandung : ITB, 1987, hal.8)

8.  Manajemen adalah merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
(Stoner, James; R. Edward Freeman and Daniel R. Gilbert. JR. Manajemen Jilid 1, Ed Bhasa Indonesia, Jakarta : PT Buana Ilmu Populaer, 1996, hal.7)

9.  Manajemen proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumber daya tertentu.
(Santosa, Budi. Manajemen Proyek, Yogyakarta : Guna Widaya, Institut Teknologi Sepuluh November, 1997, hal.3)

10. Manajemen merupakan proses kegiatan menggerakan sekelompok orang dengan menggerakkan segala fasilitas yang tersedia untuk mencapai tujuan tertentu.
(Fathoni, Abdurrahmat. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : 1991, hal.10)

No comments: